Guru Penggerak Agen Transformasi Pendidikan

NTBone.id-Mataram-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan sebanyak 3.140 orang Calon Guru Penggerak dari 74 Kabupaten/Kota di 22 Provinsi, dan 576 Pengajar Praktik serta 232 Fasilitator angkatan kedua telah lolos seleksi .

“Melalui program ini kita menjadi pengukir sejarah dan transformasi mutu pendidikan. Mari bersama menjadi bagian transformasi pendidikan Indonesia,” kata Mendikbud Nadiem Makarim saat membuka secara resmi program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan kedua secara virtual, Selasa, (13/4/2021).

Calon Guru Penggerak memperoleh pelatihan terkait pembelajaran yang berpihak pada murid hingga cara pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran. Harapannya, para guru penggerak bisa menjadi agen transformasi pendidikan.

“Guru penggerak adalah ujung tombak transformasi pendidikan Indonesia. Mereka mendorong tumbuh kembang murid secara holistik untuk memenuhi profil Pelajar Pancasila,” katanya.

Dikatakannya, bahwa terobosan merdeka belajar dihadirkan untuk mencapai pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia . Untuk mencapai visi tersebut kita harus menstranformasi sejumlah pilar yang mengokohkan ekosistem pendidikan Indonesia . Salah satu pilar tersebut adalah kepemimpinan guru . Melalui program ini, ia berharap terlahir guru-guru penggerak yang mampu menciptakan pembelajaran dan mempengaruhi guru-guru lain untuk bisa menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid . Bukan berpusat pada administasi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.