Luar Biasa, Kini NTB Mampu Mengelola Sampah Plastik Jadi Solar

NTBone.id-Lombok Barat,-Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat terus menggaungkan Industrialisasi. Salahsatunya mengurangi persoalan sampah, yang menjadi program unggulan NTB Gemilang  tentang Zero Waste.  Kini hadir mesin penghasil bahan bakar yang ramah lingkungan dengan siatem Pirolisis di STIP Banyumulek, yang diresmikan oleh Wakil Gubernur Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd, Sabtu (29/5/2021) Gedung Science Dan Technology Industrial Park Lombok NTB.

 

Mesin berbobot 2 ton, mampu mengolah sampah plastik sebanyak 1 ton, menjadi 400-600 liter solar sehari. Dengan beroperasi selama 8 jam, memanfaatkan tenaga PLN. Akan tetapi dalam waktu dekat PT. Geo Trash Management sebagai investor akan menghadirkan mesin berkapasitas 2 Ton di Kebun Kongo. Dengan kapasitas 12.000 liter solar dalam sehari. Memanfaatkan tenaga listrik dari gas metan di TPA sebagai bahan bakarnya.

 

“Hasil dari pengolahan sampah plastik akan menghasilkan Geo Disel atau solar yang setara Dexlie dengan standar Euro3,” Mr Andrew Sinclair Direktur dan Project Manager PT. Geo Trash Management.

 

Kehadiran mesin pengolah sampah yang ramah dengan lingkungan ini, membutuhkan bahan baku dasar dari semua plastik. Seperti kantong kresek, plastik bungkusan permen dan jajan, steoroform, sandal bekas, ban bekas dan jenis karet.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.