Sejumlah Warga Abadikan Momen Gerhana Bulan Total

NTBone.id-Lombok barat- Sejumlah warga Desa Telagawaru Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat, NTB, antusias untuk menyaksikan Gerhana Bulan total yang terjadi pada pukul 17, 30 Wita, Selasa malam. Selasa (8/11).

Para warga menyaksikan momen gerhana bulan total dari halaman rumah mereka dan mengabadikannya dengan ponsel mereka masing-masing.

“Saya melihat gerhana bulan total sampai benar-benar seratus persen,” ungkap salah seorang warga Irfan, saat menyaksikan Gerhana bulan bersama warga lain.

Lebih lanjut Irfan menuturkan, awalnya sempat tidak menyangka bahwa gerhana bulan total tidak akan nampak, dikarenakan cuaca mendung dan sempat turun hujan, namun beberapa jam kemudian cauca kembali cerah sehingga ia bisa melihat gerhana bulan total.

“Tadi sempat mendung juga dan hujan tadi sore,” ujarnya

Kendati kualitas gambar foto kurang fokus dan jernih karena terhalang awan dan bias cahaya, namun cukup bagi para warga untuk merekam dan mengabadikan sebagai dokumen di dalam ponsel mereka.

“Lumayan sih penasaran dari tadi sore, makanya kita rekam pakai Hp,” pungkasnya

Para warga sengaja berkumpul di halaman rumah yang terbuka, demi untuk menyaksikan fenomena alam yang terjadi 2,5 tahun sekali itu.

Gerhana bulan terjadi ketika Bumi tepat berada pada garis lurus di tengah Matahari dan Bulan. Seluruh cahaya Matahari yang langsung ke Bulan akan terhalangi Bumi.

Akan tetapi, sinar Matahari masih mencapai permukaan Bulan secara tidak langsung, melalui atmosfer Bumi.

Tinggalkan Balasan